Recent Posts


#69TahunBNI Berprestasi dan Mengabdi Untuk Negeri

Logo #69TahunBNI
#69TahunBNI

Sejarah dan Perkembangan BNI
Perkembangan Perbankan Nasional mulai menggeliat pasca kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 5 Juli 1946 setahun setelah proklamasi kemerdekaan, Bank pertama milik negara yakni PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk atau BNI didirikan. BNI didirikan oleh Margono Djojohadikusumo, yang merupakan satu dari anggota BPUPKI. Sebagai salah satu pioner dalam dunia perbankan tanah air, Bank BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2/1946, dan Karena perannya sebagai bank sentral, maka pada tanggal 30 Oktober 1946, BNI berkesempatan mengedarkan alat pembayaran pertama Pemerintah Indonesia yang bernama Oeang Republik Indonesia (ORI). 

Pada tahun 1949, menyusul dengan ditunjuknya De Javsche Bank (sekarang menjadi Bank Indonesia) yang merupakan warisan dari Pemerintah Belanda yang ditunjuk menjadi bank sentral, maka pada tahun 1950 BNI kembali mengalami perubahan fungsi dari Bank Sentral menjadi Bank Pembangunan yang diberikan hak akses transaksi luar negeri sebagai bank devisa. Kantor cabang BNI pertama di luar negeri dibuka di Singapura pada tahun 1955.

Memasuki fase tahun 60-an, Sesuai dengan UU No.17 Tahun 1968 sebagai bank umum dengan nama Bank Negara Indonesia 1946 dan dikenal saat ini dengan “BNI 46”. BNI mulai berperan dalam melayani dan mengayomi ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional. Peranan BNI untuk mendukung perekonomian Indonesia semakin strategis dan vital dengan memperkenalkan berbagai produk dan layanan yang berfokus pada segmen masyarakat menengah ke bawah. Produk dan layanan seperti Bank Terapung, Bank Bocah, Bank Keliling dan Bank Sarinah, yang berfokus pada daerah pedalaman dan desa-desa  menjadi bukti pengabdian dan pelayanan BNI 46 untuk seluruh masyarakat indonesia.

Pada dekade 90-an, menjadi babak baru perkembangan bank BNI 46, tantangan dalam memasuki era persaingan dan terus bersaing dengan bank-bank baru membuat bank BNI senantiasa berinovasi dan meningkatkan berbagai macam jenis produk dan kualitas pelayanan. Pada tahun 1988, identitas korporat berubah menjadi logo layar kapal & gelombang untuk merepresentasikan posisi BNI sebagai Bank Pemerintah Indonesia yang siap memasuki pasar keuangan dunia dengan memiliki kantor cabang di luar negeri. Gelombang mencerminkan gerak maju BNI yang dinamis sebagai bank komersial Negara yang berorientasi pada pasar.
  
Berselang 4 tahun kemudian tepatnya pada Tahun 1992, status hukum dan nama BNI berubah menjadi PT Bank Negara Indonesia (Persero), karena sudah menjadi perusahaan perseroan akhirnya Pada tanggal 28 Oktober 1996 BNI menjadi bank negara pertama yang go-public. Bank BNI memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham BBNI (IPO) Seri B kepada masyarakat sebanyak 1.085.032.000 dengan nilai nominal Rp500,- per saham dengan harga penawaran Rp850,- per saham dan Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 25 November 1996.
  
Pasca krisis keuangan melanda Indonesia tahun 1998 yang mengguncang kepercayaan masyarakat terhadap Perbankan Nasional, BNI melakukan program restrukturisasi termasuk diantaranya melakukan rebranding untuk membangun & memperkuat reputasi BNI. Identitas baru ini dengan menempatkan angka ‘46’ di depan kata ‘BNI’. Kata ‘BNI’ berwarna tosca yang mencerminkan kekuatan, keunikan, dan kekokohan. Sementara angka ‘46’ dalam kotak orange diletakkan secara diagonal untuk menggambarkan BNI baru yang modern.
 
Apa yang membuat BNI 46 itu “Istimewa” dan memilik ciri khas berbeda dengan kompetitornya ?
 Sudah menjadi rahasia umum, jika ingin terus eksis dan bertahan dalam industri Perbankan tanah air, Pelaku industri perbankan harus menawarkan sebuah pelayanan dan produk yang berkesusaian dengan kebutuhan masyarakat, memiliki keunggulan dan kualitas pelayanan, serta memiliki keandalan dan reputasi yang baik. Bank BNI sebagai pionir perbankan di Indonesia, semenjak awal perkembangan sudah menawarkan berbagai macam produk dan pelayanan yang selalu berkiblat pada segmen masyarakat umum.

Bank BNI memiliki Produk dan Pelayanan yang inspiratif dan menyentuh segmen masyarakat secara menyeluruh sejak awal berdiri
Sesuai dengan UU No.17 Tahun 1968 sebagai bank umum, BNI bertugas dan diamanatkan untuk melayani dan memperbaiki ekonomi rakyat serta berpartisipasi dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Inisiatif Bank BNI untuk melayani masyarakat di seluruh pelosok negeri dimulai pada dekade 60-an, dengan mengeluarkan dan memperkenalkan beberapa produk dan pelayanan seperti Bank Terapung, Bank Keliling, Bank Bocah, Bank Sarinah, dan lainnya. 

            1). Bank Terapung, adalah pelayanan perbankan yang ditawarkan Bank BNI kepada masyarakat yang tinggal di kepulauan seperti di Kepulauan Riau atau daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat seperti Kalimantan. Sesuai dengan namanya Bank terapung ini beroperasi di atas kapal, dengan mengunjungi daerah pelosok yang membutuhkan pelayanan perbankan untuk memudahkan akses transaksi perbankan masyarakat di daerah tersebut. 


Bank Terapung BNI pada Dekade 60-an, wujud pengabdian BNI untuk masyarakat kepulauan

           2). Bank Keliling, hampir sama dengan Bank terapung hanya saja operasionalnya berada di darat, yakni dengan menggunakan mobil / kendaraan khusus. Dengan adanya Bank keliling, BNI dalam hal ini ingin berupaya menumbuhkan geliat masyarakat dalam menabung dan sekaligus mensosialisasikan terkait produk dan layanan yang dimiliki Bank BNI.
Perbandingan Bank Keliling BNI pada saat tahun 60-an dan yang saat ini
3). Bank Bocah, merupakan wujud Bank BNI dalam upaya memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat dan dalam hal ini termasuk anak-anak. Bank Bocah bertujuan untuk mensosialisasikan akan pentingnya menabung kepada anak-anak sejak dini, salah satu upaya yang dilakukan Bank BNI yakni dengan membuat produk tabungan yang ditujukan untuk segmen anak-anak, proses edukasi kepada anak-anak dilakukan dengan mengunjungi sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan di berbagai pelosok negeri. Dan sebagai langkah awal merintis layanan perbankan di perguruan tinggi, pada tahun 1963 Bank BNI saat itu membuka Kantor Kas Pembantu di Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan. Saat ini BNI telah memiliki kantor layanan hampir di seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta terkemuka di Indonesia.

 4). Bank Sarinah, merupakan segmentasi pasar yang ditawarkan oleh Bank BNI untuk pelayanan khusus terhadap pelanggan wanita, oleh karena itu seluruh karyawan Bank Sarinah adalah wanita, hal ini bertujuan untuk memberikan servis pelayanan yang lebih nyaman dan aman kepada costumer wanita.

Budaya dan visi-misi Perusahaan yang mengakar kuat dan menjadi Indikator kinerja dalam operasional Bank BNI, membuat Insani BNI tidak hanya memiliki kapabilitas profesional namun juga memiliki integritas dan karakter Sosial
Bank BNI memiliki Visi & Misi yang luhur, hal ini guna sebagai landasan dan arah tujuan yang kuat dalam menghadapi tantangan zaman. Visi BNI sejak awal berdiri yakni ingin Menjadi bank yang unggul, terkemuka dan terdepan dalam layanan dan kinerja. Sementara itu misi Bank BNI yaitu : 1). Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pillihan utama (the bank choice); 2). Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor; 3). Menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi; 4). Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial; 5).Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

Dalam budaya kerja, setidaknya ada 4 pilar nilai budaya kerja dalam lingkungan internal perusahaan yang harus dipegang teguh oleh para insani BNI, yakni :
1). Profesionalisme (Professionalism) : Para Insani BNI diharapkan mampu   
Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik untuk kemajuan BNI.
2). Integritas (Integrity) : Para Insani harus memiliki karakter yang Jujur, Tulus dan Ikhlas 
serta memiliki sikap yang Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab.
3). Orientasi Pelanggan (Customer Orientation ) : Seluruh pemangku dan karyawan Bank 
BNI harus selalu bisa Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis, baik 
vertikal maupun horizontal.
4). Perbaikan Tiada Henti(Continuous Improvement) : Para Insani Bank BNI 
  harus Senantiasa  melakukan Penyempurnaan melalui Kreatifitas dan Inovasi.

Selanjutnya, untuk mendukung perkembangan Bank BNI sesuai dengan Visi & misi dan juga agar mampu memberikan layanan yang memuaskan terhadap nasabah, maka Bank BNI memberikan standar kualitas yang menjadi pedoman dan indikator dalam operasional dan kinerja para Insani, yakni :
Ø  Keyakinan (Assurance)
1.      Keramahan karyawan dalam melayani nasabah
2.      Kesopanan karyawan dalam melayani nasabah
3.      Pengetahuan karyawan mengenai Bank BNI
4.      Kejujuran karyawan dalam setiap transaksi
5.      Keterampilan karyawan dalam menangani keluhan nasabah
Ø  Keandalan (Reliability)
1.      Ketepatan jam kerja operasional
2.      Kemudahan pelaksanaan transaksi
3.      Ketepatan pencatatan transaksi nasabah
4.      Keseriusan dalam memproses pemberian pembiayaan
5.      Penawaran produk Bank BNI yang ditawarkan
Ø  Fisik Nyata (Tangibles)
1.      Penggunaan peralatan dan teknologi dalam operasional bank
2.      Keberadaan tempat parkir
3.      Penataan interior dan eksterior
4.      Kebersihan dan kerapihan berpakaian karyawan
5.      Peletakan brosur, slip setoran dan penarikan yang tertata baik
Ø  Empati (Empahty)
1.      Memberikan perhatian kepada nasabah
2.      Bertanggung jawab terhadap keamanan nasabah
3.      Pelayanan yang adil kesetiap nasabah
4.      Penentuan lokasi yang strategis untuk nasabah bertransaksi
5.      informasi teknologi dengan e-Banking
Ø  Daya Tanggap (Responsiveness)
1.      Kemampuan bank dalam menanggapi masalah yang timbul
2.      Kemampuan karyawan berkomunikasi dengan nasabah
3.      Kemampuan bank cepat tanggap terhadap keluhan nasabah
4.      Daya tanggap karyawan dalam hal-hal operasional bank
5.      Kecepatan karyawan dalam melayani transaksi nasabah

Dengan selalu berpedoman pada 5 pilar di atas dalam segala macam aktivtas insani BNI, membuat SDM BNI selalu memiliki kualitas dan kapabilitas, serta integritas yang selalu bisa diandalkan dan dipercaya masyarakat.



BNI memiliki Jenis Produk dan pelayanan komersial terpadu yang beragam, dan selalu disesuaikan dengan Kebutuhan dan kemampuan masyarakat serta perkembangan zaman 
Saat ini Bank BNI memiliki 168 kantor cabang, 912 cabang pembantu domestik serta 644 outlet lainnya. Selain itu, jaringan BNI juga meliputi 4 kantor cabang luar negeri yaitu Singapura, Hong Kong, Tokyo dan London serta 1 kantor perwakilan di New York.
Potensi pasar yang masih besar ini menjadi fokus BNI dalam mengembangkan berbagai produk dan layanan perbankan di setiap tahap kehidupan nasabah atau menjadi “Lifetime Banking Partner”. Sebagai bukti eksistensi ditengah persaingan perbankan yang semakin ketat, BNI antara lain menawarkan produk-produk unggulan diantaranya.

Produk Simpanan :
1. Produk - Simpanan BNI Taplus
Yaitu tabungan plus dari BNI dengan berbagai layanan plus bertabur manfaat.
selengkapnya mengenai  BNI Taplus .
2. BNI TAPLUS MUDA
Sebagai  produk simpanan dalam bentuk tabungan yang merupakan turunan dari BNI Taplus 
dan diperuntukkan bagi kaum muda dengan usia mulai dari 15 sampai dengan 25 tahun. 
Informasi selengkapnya untuk produknya di  BNI TAPLUS MUDA.
3 . Produk BNI Tappa dan BNI Tapma
BNI Tappa merupakan produk tabungan plus bagi pegawai suatu instansi atau perusahaan 
yang telah menjadi nasabah BNI . Sedangkan Tamma merupakan produk tabungan plus 
bagi mahasiswa untuk menampung keperluan pembayaran SPP dan lainnya.
Untuk informasi dan mekanisme mengenai produk ini, bisa di lihat di BNI TAPPA
 dan BNI TAPMA. 
4 . Produk BNI - BNI Tapenas, Tabungan Anak, dan Tabunganku
BNI Tapenas merupakan tabungan pendidikan nasional yang memudahkan nasabah 
merencanakan biaya pendidikan bagi anak-anak mereka. Sedangkan tabungan anak 
diperuntukkan bagi anak-anak yang ingin belajar menabung, demikian juga dengan
Tabunganku yang memberikan layanan tabungan tanpa dikenakan pajak. info selengkapnya 
Untuk Produk Simpanan BNI yang lainnya bisa dilihat DISINI 

Produk Pinjaman :
1. Produk BNI Fleksi 
Produk ini ialah jenis kredit dari BNI terhadap nasabah tanpa agunan. Jumlah kredit 
 yang  ditawarkan  oleh BNI Fleksi ini berkisar antara 5 juta sampai dengan 50 juta. Dapat 
sampai 100 juta apabila payroll melalui BNI.
2. Produk BNI Griya dan BNI Griya Multiguna  
Merupakan fasilitas pembiayaan untuk  pembelian rumah, apartemen, rusun, rumah
kantor, villa, dan pembelian kavling tanah matang atau real estate. Untuk produk ini
BNI memberikan pembiayaan antara 15 jt sampai dengan 5 miliar.
3. Produk BNI Oto
Merupakan Produk pembiayaan pembelian kendaraan bermotor maupun mobil untuk 
perorangan dari BNI. Fasilitas pembiayaan antara 5 juta sampai dengan 5 milyar. Bunga 
yang ditawarkan cukup fleksibel dengan jangka waktu cicilan hingga 5 tahun.
4. Produk BNI Cerdas
Pembiayaan ini memungkinkan nasabah memperoleh pinjaman dana pendidikan dari mulai 
sekolah taman kanak-kanak sampai dengan pasca sarjana. Pemilihan sekolah harus sinkron 
dengan akreditasi yang dibuat oleh diknas dan telah berdiri minimal 3 tahun. BNI Cerdas 
hanya diperuntukkan bagi pegawai dengan kisaran kredit antara 5 juta sampai 200 juta.
Selengkapnya Untuk Produk Pinjaman BNI lainnya DISINI.

Selain Produk dan jasa Simpanan dan Pinjaman, BNI juga memiliki produk produk unggulan lainnya yang beragam, antara lain, E-banking, seperti Sms Banking, Phone Banking,dan lainnya yang memudahkan transaksi nasabah. adapun produk Debit dan kredit Card, seperti Visa, Master Card,dsb untuk keperluan belanja online. Disediakan juga BNI Simponi yang membantu nasabah dari berbagai lapisan profesi yang ingin mempersiapkan hari tuanya. Selain itu Untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan produk Asuransi, baik asuransi jiwa maupun asuransi kerugian, BNI telah menyediakan beragam pilihan produk Asuransi bagi nasabahnya melalui beberapa kanal distribusi yang memudahkan nasabah untuk mendapatkannya langsung dari tenaga pemasar asuransi (Bancassurance Specialist).
 
BNI bekerja sama dengan BNI Life, yang merupakan anak perusahaan, untuk penyediaan produk unit link dengan nama Blife Plan Multipro; produk endowment dengan nama Blife Cash Pro; produk asuransi kecelakaan diri dengan nama Blife Perisai Prima; dan produk asuransi wholelife yang bernama Blife Purna Sejahtera. Kanal distribusi Telemarketing juga tersedia di BNI dengan beragam produk sederhana dan menarik, seperti asuransi kesehatan, kecelakaan, penyakit kritis, serta asuransi credit shield. Untuk informasi dan Mekanisme terkait produk-produk di atas bisa dilihat  DISINI .


Selain memiliki produk komersial yang beragam dan menarik, BNI juga memiliki lini bisnis untuk tujuan Sosial dan kemanusiaan (Corporate Social Responsibility), sebagai perwujudan visi-misi serta bukti komitmen dan pengabdian terhadap Bangsa


Untuk mendedikasikan kepekaan perusahaan terhadap lingkungan sosialnya, Bank BNI mencanangkan program Corporate Social Responsibility, yang meliputi beberapa program unggulan, yaitu Bina Lingkungan, Program Kemitraan, BNI Go Green, maupun Kerjasama Lembaga. Wujud nyata yang sudah terimplementasi dan dapat dirasakan oleh masyarakat dan lingkungan sosial yang dikutip dari website BNI, antara lain :
 
BINA LINGKUNGAN
1.      Bantuan Bencana Alam
Bantuan terhadap korban banjir di Jakarta, berupa sembako dan obat-obatan. Bantuan disalurkan di sejumlah wilayah Jakarta, Tigaraksa, Ciledug, Tangerang, Banten, Bekasi, Kabupaten Subang, dan banjir bandang di Manado. Total bantuan mencapai sekitar Rp 1 miliar. BNI juga telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kediri untuk membantu meringankan beban korban bencana alam letusan Gunung Kelud di Kediri dengan mendistribusikan bantuan ke posko-posko pengungsian seperti makanan siap saji, masker, makanan bayi dan obat-obatan. Selain itu, BNI juga memaksimalkan layanan perbankan dan memastikan keamanan outlet Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terkena abu vulkanik Gunung Kelud.

BNI juga menyalurkan bantuan sosial kepada korban letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Pada bencana ini, BNI menyalurkan bantuan kepada siswa sekolah secara nasional dengan membuka 7.181 rekening Tabungan Kerjasama bagi 3.839 siswa Sekolah Dasar (SD), 2.045 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), 309 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 988 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Total bantuan BNI pada korban bencana kedua gunung tersebut adalah Rp1,3 miliar.

2.      Bidang Pendidikan
BNI turut aktif dalam menyiapkan beragam fasilitas untuk membantu perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. BNI telah membantu menyiapkan dana untuk pengadaan sebuah mobil pintar senilai Rp 510 juta bagi masyarakat di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.  Untuk itu BNI Bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB-UGM), dengan mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata – Pengabdian Pada Masyarakat (KKN-PPM) di Kampung Manyaifun, Distrik Waigo Barat Kepulauan.

3.      Bidang Peningkatan Kesehatan
Kepedulian BNI terhadap bidang kesehatan diwujudkan antara lain dalam bentuk bantuan peningkatan kesehatan berupa penyediaan kapal ambulans senilai Rp 4,5 miliar kepada TNI Angkatan Laut untuk memperluas layanan kesehatan kepada penduduk pulau-pulau terluar Indonesia. Selain itu, BNI juga memberikan dana bantuan Rp 331 juta untuk mendukung program TNI Angkatan Udara dalam memberikan pelayanan kesehatan di Kabupaten Karangasem, Bali.

4.      Bidang Pengentasan Kemiskinan
Melalui Pengembangan Desa Wisata Komodo di Pulau Komodo. BNI menyadari bahwa potensi ekowisata di Pulau Komodo harus dioptimalkan. Bekerja sama dengan Yayasan Komodo Kita, BNI mengalokasikan Rp 7,077 miliar untuk menjadikan Pulau Komodo sebagai desa wisata dengan empat program utama, yakni promosi pariwisata, pengembangan sumber daya manusia, transformasi sosial, dan mendorong kebijakan pemerintah. Program ini merupakan program lanjutan yang dijalankan selama dua tahun terakhir.

5.      Bidang Pelestarian Alam dan GO Green
BNI sangat mendukung setiap upaya dalam mengurangi emisi karbon, membudayakan gaya hidup sehat, ramah lingkungan serta mendukung program pemerintah “One Billion Indonesia Trees” (OBIT). Hal ini diwujudkan dalam kegiatan tanam 100.000 bibit pohon di Jakarta dan 5.000 bibit pohon di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Selain kedua daerah tersebut, BNI juga aktif menanam pohon di sejumlah daerah seperti Hutan Kotan Manahan Solo, Taman Kota Wonosari-Yogyakarta, lereng Gunung Sumbing, Hutan dan Taman Kota Udayana-Bali. Pada tahun 2014, Pusat Pembibitan Tanaman BNI memproduksi 1,5 juta tanaman keras dan 10.000 tanaman langka. Manfaat dari program ini mulai terasa secara konkrit yaitu dalam bentuk penyerapan gas karbon sebanyak 20,513 juta ton atau senilai Rp 15,390 miliar.
 
Program Biogas Rumah : BNI mendukung pelaksanaan program BiRu (Biogas Rumah) di Pulau Sumba, Nusa tenggara Timur, dengan mendonasikan 40 unit biogas digester. Dengan memanfaatkan kotoran sapi, alat biogas digester dapat menghasilkan gas sebagai sumber daya terbarukan untuk kompor rumah tangga.
Program Kali Ciliwung Bersih : Dana bantuan dari BNI dipergunakan untuk menyediakan peralatan pengangkut sampah sungai serta memberdayakan penduduk setempat untuk aktif mengelola kebersihan Kali Ciliwung.

Dalam pengembangan Energi Terbarukan, BNI dan Garuda Indonesia melalui Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) berkapasitas 25 KW di Dusun Pakandangan Desa Tegalgede Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut senilai Rp 684 juta. Bantuan Bina Lingkungan ini diberikan oleh pihak BNI dan Garuda Indonesia masing-masing sebesar 50% sementara IBCSD menjadi community developer bersama Yayasan Penabulu dan masyarakat lokal. Peresmian dilakukan oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman pada 04 Desember 2014.

Selanjutnya adapun kontribusi BNI dalam Pengembangan Ekowisata, yakni dengan membantu pengembangan Pantai Iboih di pulau Weh (sabang) menjadi salah satu model ekowisata yang bebas dari sampah dengan mengelola sampah menjadi produk yang bernilai ekonomis. Melalui program ini, BNI juga memberikan bantuan antara lain pengadaan sarana gerbang di Sabang dan Pantai Iboih, tempat sampah, motor pengangkut sampah, mesin pengolah sampah, tempat pengolah sampah, hingga pelatihan (transfer of knowledge) kepada masyarakat setempat. 
             
PROGRAM KEMITRAAN
Melalui program ini, BNI berusaha untuk meningkatkan dampak positif dan manfaat keberadaan BNI di tengah masyarakat Indonesia demi memacu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta lingkungan yang lebih baik. Program kemitraan pada tahun 2014 difokuskan pada bidang industri kerajinan kreatif dan pangan melalui program Kampoeng BNI di seluruh Wilayah Indonesia. 
 
Kampoeng BNI, merupakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Dengan Kampoeng BNI, BNI terus memperluas perkembangan industri kreatif dengan pola pemberdayaan ekonomi masyarakat kawasan pedesaan melalui penyaluran kredit Program Kemitraan yang mengelola potensi sumber daya setempat, juga memberikan capacity building atau pelatihan peningkatan kapasitas seperti pelatihan tenun. Sejak tahun 2007, BNI sudah mengembangkan 28 Kampoeng BNI di Indonesia. Dimana tiap Kampoeng menonjolkan ciri khas masing-masing. Pada tahun 2014, BNI menambah 4 Kampoeng yakni Kampoeng BNI Batik Tulis Wiradesa (Pekalongan), Kampoeng BNI Batik Tulis Lasem (Rembang), Kampoeng BNI Imogiri (Bantul), dan Kampoeng BNI Kain Sasirangan (Banjarmasin). Total dana yang tersalur mencapai Rp 18,28 miliar.


Pengalaman saya dan “mereka” dengan BNI 46
Kesan pertama ketika seorang calon nasabah akan membuka tabungan dan melakukan transaksi pada sebuah perbankan, hal pertama yang menjadi penilaian adalah terkait reputasi perbankan tersebut dan kemudahan dalam transaksi, hal yang sama ketika saudara saya ketika pertama kali ingin membuka tabungan di BNI, saat itu tabungan yang dipilih adalah BNI Taplus, selain gratis biaya saat membuka buku tabungan baru dan juga hanya dengan minimal saldo awal Rp. 250.000,00, kita sudah bisa membuka tabungan. Tidak hanya itu kelebihan lain dari produk tabungan di BNI adalah kita tidak hanya mendapat fitur dan fasilitas tabungan dan bunga, tetapi juga ada jaminan biaya asuransi kecelakaan, selain itu hanya dengan membayar 10,000 kita sudah bisa mendapat fasilitas BNI Card, BNI Phone Banking, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking dan BNI Token.


Virtual Credit Number (VCN)  salah satu daya tarik BNI
Menurut saya salah satu kelebihan dari BNI dibandingkan lainnya yakni fasilitas Virtual Credit Number (VCN), yang mana BNI menjadi yang terdepan dalam menawarkan kemudahan ketika bertransaksi Online seperti BNI Visa, maupun Master Card, dan inilah yang menjadi alasan saudara (red-kakak) saya memilih BNI, sebagai pilihan layanan banking-nya.


Perlu diingat juga untuk “Credit Card” di BNI gratis iuran / biaya tahunan, jadi tidak perlu takut saldo kita terpotong. Kemudahan yang lain, yakni kita tidak perlu datang ke kantor BNI misalkan ketika kita ingin “Apply” Credit Card pertama kali, tetapi hanya dengan melakukan registrasi Online, kita bisa mengajukan melalui via telepon, dan selanjutya tinggal melakukkan registrasi pada BNICardCenter.co.id. selain itu apabila kita ingin mengecek iuran, membayar tagihan listrik, tagihan telepon, beli Voucher Pulsa, tiket pesawat, dll, hanya dengan fitur BNI internet Banking atau BNI Phone Banking, namun apabila anda ingin menggunakan transaksi di atas kita terlebih dahulu harus memiliki BNI eSecure, mm..berarti ribet dong. Tidak, untuk mendapat BNI eSecure (alat pengamanan token), kita hanya perlu melakukan registrasi beberapa langkah seperti kita melakukan “apply” pada Credit Card.
 
Ada Korelasi yang Kuat antara BNI dan Dunia Pendidikan
Untuk saat ini saya belum memiliki Account / tabungan BNI, hal ini dikarenakan saya belum terlalu membutuhkan dan tidak sering menggunakan layanan banking, namun seiring berjalan waktu, saya berpikir untuk perlu memiliki Acount / tabungan BNI, hal ini mungkin bukan tanpa alasan, sebab saat ini dan ketika saya masuk di dunia perkuliahan 2 tahun yang lalu di kota pelajar jogja. 

Saat itu saya ingin membayar uang pendaftaran dan uang perkuliahan, dan ternyata pembayarannya melalui via Bank, dan Bank BNI merupakan salah satu bank yang menyediakan jasa pembayaran biaya kuliah, dan sempat saya berpikir kenapa hanya di Bank BNI kita dibolehkan melakukan pembayaran, dan ternyata setelah saya mencari tahu dan bertanya kepada Teller BNI, kebetulan waktu itu lokasinya di kantor cabang BNI UIN SUKA Jogja, dan saya dijelaskan bahwa, alasanya karena bank BNI merupakan salah satu bank yang memiliki hubungan kerjasama dengan semua perguruan tinggi negeri di Indonesia, dalam hal ini guna untuk memudahkan proses transaksi banking mahasiswa dan perguruan tinggi.
Kantor Pusat BNI di Yogyakarta tempat saya Kuliah, yang dulu adalah bekas Kantor de Javasche Bank, salah satu gedung ikonik yang melegenda di jogja yang berada di "0" KM.
Salah satu produk yang dimilik BNI untuk para mahasiswa yakni Smart Card, yang mana jika kita memiliki acount Smart Card, kita akan diberi kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran uang perkuliahan, kemudian juga dalam Smart Card kita juga bisa memperoleh pinjaman dana pendidikan sampai dengan pasca sarjana, namun dengan syarat misalkan perguruan tinggi kita harus sinkron dengan akreditasi yang dibuat oleh diknas dan telah berdiri minimal 3 tahun. Dan Smart Card juga ternyata bisa digunakan untuk Debit Card , yakni apabila ingin melakukan pembelian barang Online, selain itu terobosan yang brilian lainnya yakni ada beberapa perguruan tinggi yang sudah menjadikan satu antara kartu mahasiswa dan Smart Card, seperti pada ITB yang merupakan salah satu kampus di Indonesia yang melakukan kerjasama dengan BNI.

Kesepakatan ini begitu menguntungkan berbagai pihak terutama mahasiswa baru. Kemudahannya mulai dari setoran awal uang, pembayaran uang kuliah, uang pambangunan dan segala keperluan awal mahasiswa baru. inilah yang membedakan BNI dengan bank-bank lainya. Dengan keberagaman produk yang sangat memanjakan dan pro terhadap dunia pendidikan, membuat saya makin tertarik untuk memiliki account pada Bank BNI.
Bukti Pembayaran di Bank BNI cabang UIN SUKA YK, ketika membayar biaya masuk perguruan tinggi, terobosan  yang sangat memudahkan bagi mahasiswa.

Program Corporate Social Responsibility benar terealisasi di Daerah Saya
Saya kebetulan lahir dan besar di daerah paling ujung timur Indonesia yang  bisa dikatakan cukup terpencil, yakni di kota Fakfak, Papua barat.

Peta Kota Fakfak, Papua barat salah satu kota yang mendapat dukungan dana CSR BNI
Terkait Bantuan CSR BNI, Sekitar November 2012 tiga tahun lalu direncanankan akan dibangun Pondok Pesantren Nuu Waar Al-Fatih di kabupaten Fakfak. Pembangunan asrama tersebut mendapatkan dukungan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BNI Syariah Kantor Pusat. Program yang diberi nama “Manajemen Syukur” itu memberikan bantuan sebesar Rp 200 juta. Selain untuk pembangunan asrama, BNI Syariah juga menyerahkan bantuan alat medis bagi santri AFKN. Dan pada tahun yang sama program Manajemen Syukur BNI Syariah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai program CSR Peduli Pendidikan untuk kategori BUMN.
 
Dengan kepedulian BNI pada dunia pendidikan khususnya untuk wilayah timur Indonesia, menunjukan bahwa komitmen dan pengabian BNI untuk bangsa melaui program CSR, memang benar nyata terealisasi dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Adapun program-program CSR lain yang pernah di galakan di daerah saya , yakni pemberian beasiswa bagi Siswa-siswi berprestasi, dan program-program pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat seperti di Raja Ampat, Papua barat.
 


Mengapa Harus “Memilih” BNI ???
Sebuah Bank dapat dinilai Baik dan berkualitas, selain dengan melihat laporan keuangan dan kesehatan Modal serta likuiditas Bank tersebut, aspek lain yang perlu dilihat adalah rekam jejak dan reputasi perkembangan Bank tersebut dan tentu tidak kalah penting yakni pencapaian dan Achievement yang telah dicapai dan didapat. Bank BNI sebagai bank Negara tertua di Indonesia, tentu sudah sangat banyak pengabdian dan pencapaian yang telah diraih. Atas perjuangan dan pelayanan BNI yang luar biasa bagi masyarakat dan bangsa berbagai penghargaan diperoleh BNI diantaranya: 

Beberapa penghargaan yang didapat BNI 46, pada tahun 2013-2014
 

Untuk tahun  2015 BNI dengan dua perusahaannya, yaitu BNI Life dan BNI Securites (layanan keuangan Terpadu BNI) menerima penghargaan dari Alpha Southeast Asia Magazine untuk layanan Trade Finance, Remittance, Cash Management, Kredit Sindikasi Terbaik di Asia Tenggara, serta Merger & Akui sisi terbaik dengan partner internasional. Selain itu pencapaian terbaik BNI lainnya yakni pada tahun 2012 masuk dalam daftar The Global 2000 versi FORBES 2012.

Tidak hanya itu, BNI juga senantiasa melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga dan mitra bisinis, baik dalam maupun luar negeri, yang dapat membantu meningkatkan kinerja dan kualitas BNI ke depan, kerjasama yang terjalin antara lain :

Berbagai kesepakatan kerjasama komersil dan Sosial yang dilakukan oleh BNI 46 sebagai upaya peningkatan kualitas dan wujud kepedulian sosial

Itulah beberapa prestasi dan penghargaan yang diperoleh BNI 46, serta kerjasama diplomasi, Sosial, lembaga, lingkungan, dan bisnis yang dapat meningkatkan kinerja dan kualitas BNI kedepan. Achievement dan kerjasama di atas menjadi bukti konkrit akan kualitas, dan kapabilitas BNI selama #69TahunBNI mengabdi, berdedikasi, dan melayani masyarakat dengan berbagai produk dan pelayanan yang sangat merakyat, serta program sosial yang sangat bermanfaat, Semoga kedepan BNI bisa terus berkarya dan berinovasi agar Menjadi bank yang unggul, terkemuka dan terdepan dalam layanan dan kinerja, serta mampu memajukan perekonomian Indonesia. Amiieen...

Selamat ulang tahun PT. Bank Negara Indonesia Tbk (BNI46) ke 69 :  teruslah "Berbagi & Berprestasi untuk Negeri" 


(@Diolah dari berbagai Sumber & Pengalaman Penulis)


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba Ngeblog  "tentang Prestasi & Pengabdian BNI untuk Negeri"  guna memeriahkan #69TahunBNI pada 5 juli 2015. untuk informasi lomba bisa dilihat DISINI


0 komentar: