Logo #69TahunBNI |
#69TahunBNI
Sejarah dan Perkembangan BNI
Perkembangan Perbankan Nasional mulai
menggeliat pasca kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 5 Juli 1946 setahun
setelah proklamasi kemerdekaan, Bank pertama milik negara yakni PT Bank Negara
Indonesia (persero) Tbk atau BNI didirikan. BNI didirikan oleh Margono
Djojohadikusumo, yang merupakan satu dari anggota BPUPKI. Sebagai salah satu
pioner dalam dunia perbankan tanah air, Bank BNI sempat berfungsi sebagai bank
sentral dan bank umum sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti
Undang-Undang No. 2/1946, dan Karena perannya sebagai bank sentral, maka pada
tanggal 30 Oktober 1946, BNI berkesempatan mengedarkan alat pembayaran pertama
Pemerintah Indonesia yang bernama Oeang Republik Indonesia (ORI).
Pada tahun 1949, menyusul dengan ditunjuknya De
Javsche Bank (sekarang menjadi Bank Indonesia) yang merupakan warisan dari
Pemerintah Belanda yang ditunjuk menjadi bank sentral, maka pada tahun 1950 BNI
kembali mengalami perubahan fungsi dari Bank Sentral menjadi Bank Pembangunan
yang diberikan hak akses transaksi luar negeri sebagai bank devisa. Kantor
cabang BNI pertama di luar negeri dibuka di Singapura pada tahun 1955.
Memasuki fase tahun 60-an, Sesuai dengan UU
No.17 Tahun 1968 sebagai bank umum dengan nama Bank Negara Indonesia 1946 dan
dikenal saat ini dengan “BNI 46”. BNI mulai berperan dalam melayani dan
mengayomi ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional.
Peranan BNI untuk mendukung perekonomian Indonesia semakin strategis dan vital
dengan memperkenalkan berbagai produk dan layanan yang berfokus pada segmen
masyarakat menengah ke bawah. Produk dan layanan seperti Bank Terapung, Bank
Bocah, Bank Keliling dan Bank Sarinah, yang berfokus pada daerah pedalaman dan
desa-desa menjadi bukti pengabdian dan pelayanan BNI 46 untuk seluruh
masyarakat indonesia.
Pada dekade 90-an, menjadi babak baru
perkembangan bank BNI 46, tantangan dalam memasuki era persaingan dan terus
bersaing dengan bank-bank baru membuat bank BNI senantiasa berinovasi dan
meningkatkan berbagai macam jenis produk dan kualitas pelayanan. Pada tahun
1988, identitas korporat berubah menjadi logo layar kapal & gelombang untuk
merepresentasikan posisi BNI sebagai Bank Pemerintah Indonesia yang siap
memasuki pasar keuangan dunia dengan memiliki kantor cabang di luar negeri.
Gelombang mencerminkan gerak maju BNI yang dinamis sebagai bank komersial
Negara yang berorientasi pada pasar.
Berselang 4 tahun kemudian tepatnya pada Tahun
1992, status hukum dan nama BNI berubah menjadi PT Bank Negara Indonesia
(Persero), karena sudah menjadi perusahaan perseroan akhirnya Pada tanggal 28
Oktober 1996 BNI menjadi bank negara pertama yang go-public. Bank BNI
memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum
Perdana Saham BBNI (IPO) Seri B kepada masyarakat sebanyak 1.085.032.000 dengan
nilai nominal Rp500,- per saham dengan harga penawaran Rp850,- per saham dan
Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 25
November 1996.
Pasca krisis keuangan melanda Indonesia tahun
1998 yang mengguncang kepercayaan masyarakat terhadap Perbankan Nasional, BNI
melakukan program restrukturisasi termasuk diantaranya melakukan rebranding untuk
membangun & memperkuat reputasi BNI. Identitas baru ini dengan menempatkan
angka ‘46’ di depan kata ‘BNI’. Kata ‘BNI’ berwarna tosca yang mencerminkan
kekuatan, keunikan, dan kekokohan. Sementara angka ‘46’ dalam kotak orange
diletakkan secara diagonal untuk menggambarkan BNI baru yang modern.
Apa yang membuat BNI 46 itu
“Istimewa” dan memilik ciri khas berbeda dengan kompetitornya ?
Sudah menjadi rahasia umum, jika
ingin terus eksis dan bertahan dalam industri Perbankan tanah air, Pelaku
industri perbankan harus menawarkan sebuah pelayanan dan produk yang
berkesusaian dengan kebutuhan masyarakat, memiliki keunggulan dan kualitas
pelayanan, serta memiliki keandalan dan reputasi yang baik. Bank BNI sebagai
pionir perbankan di Indonesia, semenjak awal perkembangan sudah menawarkan
berbagai macam produk dan pelayanan yang selalu berkiblat pada segmen
masyarakat umum.
Bank BNI memiliki Produk dan Pelayanan yang inspiratif dan menyentuh segmen masyarakat secara menyeluruh sejak awal berdiri
Sesuai dengan UU No.17 Tahun 1968 sebagai bank
umum, BNI bertugas dan diamanatkan untuk melayani dan memperbaiki ekonomi
rakyat serta berpartisipasi dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Inisiatif Bank
BNI untuk melayani masyarakat di seluruh pelosok negeri dimulai pada dekade
60-an, dengan mengeluarkan dan memperkenalkan beberapa produk dan pelayanan
seperti Bank Terapung, Bank Keliling, Bank Bocah, Bank Sarinah, dan lainnya.
1). Bank Terapung, adalah pelayanan perbankan yang ditawarkan Bank BNI kepada masyarakat yang tinggal di kepulauan seperti di Kepulauan Riau atau daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat seperti Kalimantan. Sesuai dengan namanya Bank terapung ini beroperasi di atas kapal, dengan mengunjungi daerah pelosok yang membutuhkan pelayanan perbankan untuk memudahkan akses transaksi perbankan masyarakat di daerah tersebut.
1). Bank Terapung, adalah pelayanan perbankan yang ditawarkan Bank BNI kepada masyarakat yang tinggal di kepulauan seperti di Kepulauan Riau atau daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat seperti Kalimantan. Sesuai dengan namanya Bank terapung ini beroperasi di atas kapal, dengan mengunjungi daerah pelosok yang membutuhkan pelayanan perbankan untuk memudahkan akses transaksi perbankan masyarakat di daerah tersebut.
Bank Terapung BNI pada Dekade 60-an, wujud pengabdian BNI untuk masyarakat kepulauan |
2). Bank Keliling, hampir sama dengan Bank terapung hanya saja operasionalnya berada di darat, yakni dengan menggunakan mobil / kendaraan khusus. Dengan adanya Bank keliling, BNI dalam hal ini ingin berupaya menumbuhkan geliat masyarakat dalam menabung dan sekaligus mensosialisasikan terkait produk dan layanan yang dimiliki Bank BNI.
Perbandingan Bank Keliling BNI pada saat tahun 60-an dan yang saat ini |
3). Bank Bocah, merupakan
wujud Bank BNI dalam upaya memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat dan
dalam hal ini termasuk anak-anak. Bank Bocah bertujuan untuk mensosialisasikan
akan pentingnya menabung kepada anak-anak sejak dini, salah satu upaya yang
dilakukan Bank BNI yakni dengan membuat produk tabungan yang ditujukan untuk
segmen anak-anak, proses edukasi kepada anak-anak dilakukan dengan mengunjungi
sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan di berbagai pelosok negeri. Dan sebagai
langkah awal merintis layanan perbankan di perguruan tinggi, pada tahun 1963
Bank BNI saat itu membuka Kantor Kas Pembantu di Universitas Sumatera Utara
(USU) di Medan. Saat ini BNI telah memiliki kantor layanan hampir di seluruh
perguruan tinggi negeri maupun swasta terkemuka di Indonesia.
4). Bank Sarinah, merupakan segmentasi pasar yang ditawarkan oleh Bank BNI untuk pelayanan khusus terhadap pelanggan wanita, oleh karena itu seluruh karyawan Bank Sarinah adalah wanita, hal ini bertujuan untuk memberikan servis pelayanan yang lebih nyaman dan aman kepada costumer wanita.
4). Bank Sarinah, merupakan segmentasi pasar yang ditawarkan oleh Bank BNI untuk pelayanan khusus terhadap pelanggan wanita, oleh karena itu seluruh karyawan Bank Sarinah adalah wanita, hal ini bertujuan untuk memberikan servis pelayanan yang lebih nyaman dan aman kepada costumer wanita.
Budaya dan visi-misi Perusahaan yang mengakar kuat dan menjadi Indikator kinerja dalam operasional Bank BNI, membuat Insani BNI tidak hanya memiliki kapabilitas profesional namun juga memiliki integritas dan karakter Sosial
Bank BNI memiliki Visi & Misi yang luhur,
hal ini guna sebagai landasan dan arah tujuan yang kuat dalam menghadapi
tantangan zaman. Visi BNI sejak awal berdiri yakni ingin Menjadi bank yang
unggul, terkemuka dan terdepan dalam layanan dan kinerja. Sementara itu misi
Bank BNI yaitu : 1). Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah
kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pillihan utama (the bank choice); 2).
Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor; 3). Menciptakan kondisi
terbaik bagi karyawan sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi;
4). Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial;
5).Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang
baik.
Dalam budaya kerja, setidaknya ada 4
pilar nilai budaya kerja dalam lingkungan internal perusahaan yang harus
dipegang teguh oleh para insani BNI, yakni :
1). Profesionalisme (Professionalism) : Para
Insani BNI diharapkan mampu
Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil
Terbaik untuk kemajuan BNI.
2). Integritas (Integrity) : Para
Insani harus memiliki karakter yang Jujur, Tulus dan Ikhlas
serta memiliki sikap yang Disiplin, Konsisten
dan Bertanggungjawab.
3). Orientasi Pelanggan (Customer
Orientation ) : Seluruh pemangku dan karyawan Bank
BNI harus selalu bisa Memberikan Layanan
Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis, baik
vertikal maupun horizontal.
4). Perbaikan Tiada Henti(Continuous
Improvement) : Para Insani Bank BNI
harus Senantiasa melakukan
Penyempurnaan melalui Kreatifitas dan Inovasi.
Selanjutnya, untuk mendukung perkembangan Bank
BNI sesuai dengan Visi & misi dan juga agar mampu memberikan layanan yang
memuaskan terhadap nasabah, maka Bank BNI memberikan standar kualitas yang
menjadi pedoman dan indikator dalam operasional dan kinerja para Insani, yakni
:
Ø Keyakinan (Assurance)
1. Keramahan
karyawan dalam melayani nasabah
2. Kesopanan
karyawan dalam melayani nasabah
3. Pengetahuan
karyawan mengenai Bank BNI
4. Kejujuran
karyawan dalam setiap transaksi
5. Keterampilan
karyawan dalam menangani keluhan nasabah
Ø Keandalan (Reliability)
1. Ketepatan jam
kerja operasional
2. Kemudahan pelaksanaan
transaksi
3. Ketepatan
pencatatan transaksi nasabah
4. Keseriusan
dalam memproses pemberian pembiayaan
5. Penawaran
produk Bank BNI yang ditawarkan
Ø Fisik Nyata (Tangibles)
1. Penggunaan
peralatan dan teknologi dalam operasional bank
2. Keberadaan
tempat parkir
3. Penataan
interior dan eksterior
4. Kebersihan dan
kerapihan berpakaian karyawan
5. Peletakan
brosur, slip setoran dan penarikan yang tertata baik
Ø Empati (Empahty)
1. Memberikan
perhatian kepada nasabah
2. Bertanggung
jawab terhadap keamanan nasabah
3. Pelayanan yang
adil kesetiap nasabah
4. Penentuan
lokasi yang strategis untuk nasabah bertransaksi
5. informasi
teknologi dengan e-Banking
Ø Daya Tanggap (Responsiveness)
1. Kemampuan bank
dalam menanggapi masalah yang timbul
2. Kemampuan
karyawan berkomunikasi dengan nasabah
3. Kemampuan bank
cepat tanggap terhadap keluhan nasabah
4. Daya tanggap
karyawan dalam hal-hal operasional bank
5. Kecepatan
karyawan dalam melayani transaksi nasabah
Dengan selalu berpedoman pada 5 pilar di atas
dalam segala macam aktivtas insani BNI, membuat SDM BNI selalu memiliki
kualitas dan kapabilitas, serta integritas yang selalu bisa diandalkan dan
dipercaya masyarakat.
BNI memiliki Jenis Produk dan pelayanan komersial terpadu yang beragam, dan selalu disesuaikan dengan Kebutuhan dan kemampuan masyarakat serta perkembangan zaman
Saat ini Bank BNI memiliki 168 kantor cabang,
912 cabang pembantu domestik serta 644 outlet lainnya. Selain itu, jaringan BNI
juga meliputi 4 kantor cabang luar negeri yaitu Singapura, Hong Kong, Tokyo dan
London serta 1 kantor perwakilan di New York.
Potensi pasar yang masih besar ini menjadi
fokus BNI dalam mengembangkan berbagai produk dan layanan perbankan di setiap tahap
kehidupan nasabah atau menjadi “Lifetime Banking Partner”. Sebagai bukti
eksistensi ditengah persaingan perbankan yang semakin ketat, BNI antara lain
menawarkan produk-produk unggulan diantaranya.
Produk Simpanan :
1. Produk - Simpanan BNI Taplus
Yaitu tabungan plus dari BNI dengan berbagai
layanan plus bertabur manfaat.
selengkapnya mengenai BNI
Taplus .
2. BNI TAPLUS MUDA
Sebagai produk simpanan dalam bentuk
tabungan yang merupakan turunan dari BNI Taplus
dan diperuntukkan bagi kaum muda dengan usia
mulai dari 15 sampai dengan 25 tahun.
Informasi selengkapnya untuk produknya di
BNI
TAPLUS MUDA.
3 . Produk BNI Tappa dan BNI Tapma
BNI Tappa merupakan produk tabungan plus bagi
pegawai suatu instansi atau perusahaan
yang telah menjadi nasabah BNI . Sedangkan
Tamma merupakan produk tabungan plus
bagi mahasiswa untuk menampung keperluan
pembayaran SPP dan lainnya.
Untuk informasi dan mekanisme mengenai produk
ini, bisa di lihat di BNI
TAPPA
dan BNI
TAPMA.
4 . Produk BNI - BNI Tapenas, Tabungan Anak,
dan Tabunganku
BNI Tapenas merupakan tabungan pendidikan
nasional yang memudahkan nasabah
merencanakan biaya pendidikan bagi anak-anak
mereka. Sedangkan tabungan anak
diperuntukkan bagi anak-anak yang ingin belajar
menabung, demikian juga dengan
Tabunganku yang memberikan layanan tabungan
tanpa dikenakan pajak. info selengkapnya
Untuk Produk Simpanan BNI yang lainnya bisa
dilihat DISINI
Produk Pinjaman :
1. Produk BNI Fleksi
Produk Pinjaman :
1. Produk BNI Fleksi
Produk ini ialah jenis kredit dari BNI terhadap
nasabah tanpa agunan. Jumlah kredit
yang ditawarkan oleh BNI
Fleksi ini berkisar antara 5 juta sampai dengan 50 juta. Dapat
sampai 100 juta apabila payroll melalui BNI.
2. Produk BNI Griya dan BNI Griya Multiguna
2. Produk BNI Griya dan BNI Griya Multiguna
Merupakan fasilitas pembiayaan untuk
pembelian rumah, apartemen, rusun, rumah
kantor, villa, dan pembelian kavling tanah
matang atau real estate. Untuk produk ini
BNI memberikan pembiayaan antara 15 jt
sampai dengan 5 miliar.
3. Produk BNI Oto
Merupakan Produk pembiayaan pembelian kendaraan
bermotor maupun mobil untuk
perorangan dari BNI. Fasilitas pembiayaan
antara 5 juta sampai dengan 5 milyar. Bunga
yang ditawarkan cukup fleksibel dengan jangka
waktu cicilan hingga 5 tahun.
4. Produk BNI Cerdas
Pembiayaan ini memungkinkan nasabah memperoleh
pinjaman dana pendidikan dari mulai
sekolah taman kanak-kanak sampai dengan pasca
sarjana. Pemilihan sekolah harus sinkron
dengan akreditasi yang dibuat oleh diknas dan
telah berdiri minimal 3 tahun. BNI Cerdas
hanya diperuntukkan bagi pegawai dengan kisaran
kredit antara 5 juta sampai 200 juta.
Selengkapnya Untuk Produk Pinjaman BNI lainnya DISINI.
Selengkapnya Untuk Produk Pinjaman BNI lainnya DISINI.
Selain Produk dan jasa Simpanan dan Pinjaman,
BNI juga memiliki produk produk unggulan lainnya yang beragam, antara lain,
E-banking, seperti Sms Banking, Phone Banking,dan lainnya yang memudahkan
transaksi nasabah. adapun produk Debit dan kredit Card, seperti Visa, Master
Card,dsb untuk keperluan belanja online. Disediakan juga BNI Simponi yang
membantu nasabah dari berbagai lapisan profesi yang ingin mempersiapkan hari
tuanya. Selain itu Untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan produk Asuransi, baik
asuransi jiwa maupun asuransi kerugian, BNI telah menyediakan beragam pilihan
produk Asuransi bagi nasabahnya melalui beberapa kanal distribusi yang
memudahkan nasabah untuk mendapatkannya langsung dari tenaga pemasar asuransi (Bancassurance
Specialist).
BNI bekerja sama dengan BNI Life, yang
merupakan anak perusahaan, untuk penyediaan produk unit link dengan nama Blife
Plan Multipro; produk endowment dengan nama Blife Cash Pro; produk asuransi
kecelakaan diri dengan nama Blife Perisai Prima; dan produk asuransi wholelife
yang bernama Blife Purna Sejahtera. Kanal distribusi Telemarketing juga
tersedia di BNI dengan beragam produk sederhana dan menarik, seperti asuransi
kesehatan, kecelakaan, penyakit kritis, serta asuransi credit shield. Untuk
informasi dan Mekanisme terkait produk-produk di atas bisa dilihat DISINI .
Selain memiliki produk komersial yang beragam dan menarik, BNI juga memiliki lini bisnis untuk tujuan Sosial dan kemanusiaan (Corporate Social Responsibility), sebagai perwujudan visi-misi serta bukti komitmen dan pengabdian terhadap Bangsa
BINA LINGKUNGAN
1. Bantuan
Bencana Alam
Bantuan terhadap korban banjir di Jakarta,
berupa sembako dan obat-obatan. Bantuan disalurkan di sejumlah wilayah Jakarta,
Tigaraksa, Ciledug, Tangerang, Banten, Bekasi, Kabupaten Subang, dan banjir
bandang di Manado. Total bantuan mencapai sekitar Rp 1 miliar. BNI juga telah
bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kediri untuk membantu meringankan
beban korban bencana alam letusan Gunung Kelud di Kediri dengan
mendistribusikan bantuan ke posko-posko pengungsian seperti makanan siap saji,
masker, makanan bayi dan obat-obatan. Selain itu, BNI juga memaksimalkan
layanan perbankan dan memastikan keamanan outlet Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
yang terkena abu vulkanik Gunung Kelud.
BNI juga menyalurkan bantuan sosial kepada korban letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Pada bencana ini, BNI menyalurkan bantuan kepada siswa sekolah secara nasional dengan membuka 7.181 rekening Tabungan Kerjasama bagi 3.839 siswa Sekolah Dasar (SD), 2.045 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), 309 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 988 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Total bantuan BNI pada korban bencana kedua gunung tersebut adalah Rp1,3 miliar.
2. Bidang Pendidikan
BNI turut aktif dalam menyiapkan beragam
fasilitas untuk membantu perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. BNI telah
membantu menyiapkan dana untuk pengadaan sebuah mobil pintar senilai Rp 510
juta bagi masyarakat di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Untuk itu BNI
Bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB-UGM),
dengan mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata – Pengabdian Pada Masyarakat
(KKN-PPM) di Kampung Manyaifun, Distrik Waigo Barat Kepulauan.
3. Bidang Peningkatan Kesehatan
Kepedulian BNI terhadap bidang kesehatan
diwujudkan antara lain dalam bentuk bantuan peningkatan kesehatan berupa
penyediaan kapal ambulans senilai Rp 4,5 miliar kepada TNI Angkatan Laut untuk
memperluas layanan kesehatan kepada penduduk pulau-pulau terluar Indonesia.
Selain itu, BNI juga memberikan dana bantuan Rp 331 juta untuk mendukung
program TNI Angkatan Udara dalam memberikan pelayanan kesehatan di Kabupaten
Karangasem, Bali.
4. Bidang Pengentasan Kemiskinan
Melalui Pengembangan Desa Wisata Komodo di
Pulau Komodo. BNI menyadari bahwa potensi ekowisata di Pulau Komodo harus
dioptimalkan. Bekerja sama dengan Yayasan Komodo Kita, BNI mengalokasikan Rp
7,077 miliar untuk menjadikan Pulau Komodo sebagai desa wisata dengan empat
program utama, yakni promosi pariwisata, pengembangan sumber daya manusia,
transformasi sosial, dan mendorong kebijakan pemerintah. Program ini merupakan
program lanjutan yang dijalankan selama dua tahun terakhir.
5. Bidang Pelestarian Alam dan GO Green
BNI sangat mendukung setiap upaya dalam
mengurangi emisi karbon, membudayakan gaya hidup sehat, ramah lingkungan serta
mendukung program pemerintah “One Billion Indonesia Trees” (OBIT). Hal ini
diwujudkan dalam kegiatan tanam 100.000 bibit pohon di Jakarta dan 5.000 bibit
pohon di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Selain kedua daerah tersebut, BNI
juga aktif menanam pohon di sejumlah daerah seperti Hutan Kotan Manahan Solo,
Taman Kota Wonosari-Yogyakarta, lereng Gunung Sumbing, Hutan dan Taman Kota
Udayana-Bali. Pada tahun 2014, Pusat Pembibitan Tanaman BNI memproduksi 1,5
juta tanaman keras dan 10.000 tanaman langka. Manfaat dari program ini mulai
terasa secara konkrit yaitu dalam bentuk penyerapan gas karbon sebanyak 20,513
juta ton atau senilai Rp 15,390 miliar.
Program Biogas Rumah : BNI mendukung pelaksanaan program BiRu (Biogas Rumah) di Pulau Sumba, Nusa tenggara Timur, dengan mendonasikan 40 unit biogas digester. Dengan memanfaatkan kotoran sapi, alat biogas digester dapat menghasilkan gas sebagai sumber daya terbarukan untuk kompor rumah tangga.
Program Biogas Rumah : BNI mendukung pelaksanaan program BiRu (Biogas Rumah) di Pulau Sumba, Nusa tenggara Timur, dengan mendonasikan 40 unit biogas digester. Dengan memanfaatkan kotoran sapi, alat biogas digester dapat menghasilkan gas sebagai sumber daya terbarukan untuk kompor rumah tangga.
Program Kali Ciliwung Bersih : Dana
bantuan dari BNI dipergunakan untuk menyediakan peralatan pengangkut sampah
sungai serta memberdayakan penduduk setempat untuk aktif mengelola kebersihan
Kali Ciliwung.
Dalam pengembangan Energi Terbarukan,
BNI dan Garuda Indonesia melalui Indonesia Business Council for Sustainable
Development (IBCSD) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH)
berkapasitas 25 KW di Dusun Pakandangan Desa Tegalgede Kecamatan Pakenjeng
Kabupaten Garut senilai Rp 684 juta. Bantuan Bina Lingkungan ini diberikan oleh
pihak BNI dan Garuda Indonesia masing-masing sebesar 50% sementara IBCSD
menjadi community developer bersama Yayasan Penabulu dan masyarakat lokal. Peresmian
dilakukan oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman pada 04 Desember 2014.
Selanjutnya adapun kontribusi BNI dalam Pengembangan
Ekowisata, yakni dengan membantu pengembangan Pantai Iboih di pulau Weh
(sabang) menjadi salah satu model ekowisata yang bebas dari sampah dengan
mengelola sampah menjadi produk yang bernilai ekonomis. Melalui program ini,
BNI juga memberikan bantuan antara lain pengadaan sarana gerbang di Sabang dan
Pantai Iboih, tempat sampah, motor pengangkut sampah, mesin pengolah sampah,
tempat pengolah sampah, hingga pelatihan (transfer of knowledge) kepada
masyarakat setempat.
PROGRAM KEMITRAAN
Melalui program ini, BNI berusaha untuk
meningkatkan dampak positif dan manfaat keberadaan BNI di tengah masyarakat
Indonesia demi memacu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta
lingkungan yang lebih baik. Program kemitraan pada tahun 2014 difokuskan pada
bidang industri kerajinan kreatif dan pangan melalui program Kampoeng BNI di
seluruh Wilayah Indonesia.
Kampoeng BNI, merupakan Program Kemitraan dan Bina
Lingkungan. Dengan Kampoeng BNI, BNI terus memperluas perkembangan industri
kreatif dengan pola pemberdayaan ekonomi masyarakat kawasan pedesaan melalui
penyaluran kredit Program Kemitraan yang mengelola potensi sumber daya
setempat, juga memberikan capacity building atau pelatihan peningkatan
kapasitas seperti pelatihan tenun. Sejak tahun 2007, BNI sudah mengembangkan 28
Kampoeng BNI di Indonesia. Dimana tiap Kampoeng menonjolkan ciri khas
masing-masing. Pada tahun 2014, BNI menambah 4 Kampoeng yakni Kampoeng BNI
Batik Tulis Wiradesa (Pekalongan), Kampoeng BNI Batik Tulis Lasem (Rembang),
Kampoeng BNI Imogiri (Bantul), dan Kampoeng BNI Kain Sasirangan (Banjarmasin).
Total dana yang tersalur mencapai Rp 18,28 miliar.
Pengalaman saya dan “mereka” dengan BNI
46
Kesan pertama ketika seorang calon nasabah akan membuka
tabungan dan melakukan transaksi pada sebuah perbankan, hal pertama yang
menjadi penilaian adalah terkait reputasi perbankan tersebut dan kemudahan
dalam transaksi, hal yang sama ketika saudara saya ketika pertama kali ingin
membuka tabungan di BNI, saat itu tabungan yang dipilih adalah BNI Taplus,
selain gratis biaya saat membuka buku tabungan baru dan juga hanya dengan
minimal saldo awal Rp. 250.000,00, kita sudah bisa membuka tabungan. Tidak
hanya itu kelebihan lain dari produk tabungan di BNI adalah kita tidak hanya
mendapat fitur dan fasilitas tabungan dan bunga, tetapi juga ada jaminan biaya
asuransi kecelakaan, selain itu hanya dengan membayar 10,000 kita sudah bisa
mendapat fasilitas BNI Card, BNI Phone Banking, BNI SMS Banking, BNI Internet
Banking dan BNI Token.
Virtual Credit Number (VCN) salah satu daya tarik BNI
Menurut saya salah satu kelebihan dari BNI
dibandingkan lainnya yakni fasilitas Virtual Credit Number (VCN), yang
mana BNI
menjadi yang terdepan dalam menawarkan kemudahan ketika bertransaksi
Online seperti BNI Visa, maupun Master Card, dan inilah yang menjadi
alasan
saudara (red-kakak) saya memilih BNI, sebagai pilihan layanan
banking-nya.
Perlu diingat juga untuk “Credit Card” di BNI gratis iuran / biaya tahunan, jadi tidak perlu takut saldo kita terpotong. Kemudahan yang lain, yakni kita tidak perlu datang ke kantor BNI misalkan ketika kita ingin “Apply” Credit Card pertama kali, tetapi hanya dengan melakukan registrasi Online, kita bisa mengajukan melalui via telepon, dan selanjutya tinggal melakukkan registrasi pada BNICardCenter.co.id. selain itu apabila kita ingin mengecek iuran, membayar tagihan listrik, tagihan telepon, beli Voucher Pulsa, tiket pesawat, dll, hanya dengan fitur BNI internet Banking atau BNI Phone Banking, namun apabila anda ingin menggunakan transaksi di atas kita terlebih dahulu harus memiliki BNI eSecure, mm..berarti ribet dong. Tidak, untuk mendapat BNI eSecure (alat pengamanan token), kita hanya perlu melakukan registrasi beberapa langkah seperti kita melakukan “apply” pada Credit Card.
Perlu diingat juga untuk “Credit Card” di BNI gratis iuran / biaya tahunan, jadi tidak perlu takut saldo kita terpotong. Kemudahan yang lain, yakni kita tidak perlu datang ke kantor BNI misalkan ketika kita ingin “Apply” Credit Card pertama kali, tetapi hanya dengan melakukan registrasi Online, kita bisa mengajukan melalui via telepon, dan selanjutya tinggal melakukkan registrasi pada BNICardCenter.co.id. selain itu apabila kita ingin mengecek iuran, membayar tagihan listrik, tagihan telepon, beli Voucher Pulsa, tiket pesawat, dll, hanya dengan fitur BNI internet Banking atau BNI Phone Banking, namun apabila anda ingin menggunakan transaksi di atas kita terlebih dahulu harus memiliki BNI eSecure, mm..berarti ribet dong. Tidak, untuk mendapat BNI eSecure (alat pengamanan token), kita hanya perlu melakukan registrasi beberapa langkah seperti kita melakukan “apply” pada Credit Card.
Ada Korelasi yang Kuat antara BNI dan Dunia Pendidikan
Untuk saat ini saya belum memiliki Account / tabungan
BNI, hal ini dikarenakan saya belum terlalu membutuhkan dan tidak sering
menggunakan layanan banking, namun seiring berjalan waktu, saya berpikir untuk
perlu memiliki Acount / tabungan BNI, hal ini mungkin bukan tanpa alasan, sebab
saat ini dan ketika saya masuk di dunia perkuliahan 2 tahun yang lalu di kota pelajar jogja.
Saat itu saya ingin membayar uang pendaftaran dan uang perkuliahan, dan ternyata pembayarannya melalui via Bank, dan Bank BNI merupakan salah satu bank yang menyediakan jasa pembayaran biaya kuliah, dan sempat saya berpikir kenapa hanya di Bank BNI kita dibolehkan melakukan pembayaran, dan ternyata setelah saya mencari tahu dan bertanya kepada Teller BNI, kebetulan waktu itu lokasinya di kantor cabang BNI UIN SUKA Jogja, dan saya dijelaskan bahwa, alasanya karena bank BNI merupakan salah satu bank yang memiliki hubungan kerjasama dengan semua perguruan tinggi negeri di Indonesia, dalam hal ini guna untuk memudahkan proses transaksi banking mahasiswa dan perguruan tinggi.
Saat itu saya ingin membayar uang pendaftaran dan uang perkuliahan, dan ternyata pembayarannya melalui via Bank, dan Bank BNI merupakan salah satu bank yang menyediakan jasa pembayaran biaya kuliah, dan sempat saya berpikir kenapa hanya di Bank BNI kita dibolehkan melakukan pembayaran, dan ternyata setelah saya mencari tahu dan bertanya kepada Teller BNI, kebetulan waktu itu lokasinya di kantor cabang BNI UIN SUKA Jogja, dan saya dijelaskan bahwa, alasanya karena bank BNI merupakan salah satu bank yang memiliki hubungan kerjasama dengan semua perguruan tinggi negeri di Indonesia, dalam hal ini guna untuk memudahkan proses transaksi banking mahasiswa dan perguruan tinggi.
Kantor Pusat BNI di Yogyakarta tempat saya Kuliah, yang dulu adalah bekas Kantor de Javasche Bank, salah satu gedung ikonik yang melegenda di jogja yang berada di "0" KM. |
Salah satu produk yang dimilik BNI untuk para
mahasiswa yakni Smart Card, yang mana jika kita memiliki acount Smart
Card, kita akan diberi kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran uang
perkuliahan, kemudian juga dalam Smart Card kita juga bisa memperoleh pinjaman
dana pendidikan sampai dengan pasca sarjana, namun dengan syarat misalkan perguruan
tinggi kita harus sinkron dengan akreditasi yang dibuat oleh diknas dan telah berdiri
minimal 3 tahun. Dan Smart Card juga ternyata bisa digunakan untuk Debit
Card , yakni apabila ingin melakukan pembelian barang Online, selain itu terobosan
yang brilian lainnya yakni ada beberapa perguruan tinggi yang sudah menjadikan
satu antara kartu mahasiswa dan Smart Card, seperti pada ITB yang merupakan salah satu kampus di Indonesia yang
melakukan kerjasama dengan BNI.
Kesepakatan ini begitu menguntungkan berbagai pihak terutama mahasiswa baru. Kemudahannya mulai dari setoran awal uang, pembayaran uang kuliah, uang pambangunan dan segala keperluan awal mahasiswa baru. inilah yang membedakan BNI dengan bank-bank lainya. Dengan keberagaman produk yang sangat memanjakan dan pro terhadap dunia pendidikan, membuat saya makin tertarik untuk memiliki account pada Bank BNI.
Kesepakatan ini begitu menguntungkan berbagai pihak terutama mahasiswa baru. Kemudahannya mulai dari setoran awal uang, pembayaran uang kuliah, uang pambangunan dan segala keperluan awal mahasiswa baru. inilah yang membedakan BNI dengan bank-bank lainya. Dengan keberagaman produk yang sangat memanjakan dan pro terhadap dunia pendidikan, membuat saya makin tertarik untuk memiliki account pada Bank BNI.
Bukti
Pembayaran di Bank BNI cabang UIN SUKA YK, ketika membayar biaya masuk
perguruan tinggi, terobosan yang sangat memudahkan bagi mahasiswa. |
Saya kebetulan lahir dan besar di daerah paling ujung timur Indonesia yang bisa dikatakan cukup terpencil, yakni di kota Fakfak, Papua barat.Program Corporate Social Responsibility benar terealisasi di Daerah Saya
Peta Kota Fakfak, Papua barat salah satu kota yang mendapat dukungan dana CSR BNI |
Dengan kepedulian BNI pada dunia pendidikan
khususnya untuk wilayah timur Indonesia, menunjukan bahwa komitmen dan
pengabian BNI untuk bangsa melaui program CSR, memang benar nyata terealisasi
dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Adapun program-program CSR lain yang
pernah di galakan di daerah saya , yakni pemberian beasiswa bagi Siswa-siswi
berprestasi, dan program-program pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat
seperti di Raja Ampat, Papua barat.
Mengapa Harus “Memilih” BNI ???
Sebuah Bank dapat dinilai Baik dan berkualitas,
selain dengan melihat laporan keuangan dan kesehatan Modal serta likuiditas
Bank tersebut, aspek lain yang perlu dilihat adalah rekam jejak dan reputasi
perkembangan Bank tersebut dan tentu tidak kalah penting yakni pencapaian dan
Achievement yang telah dicapai dan didapat. Bank BNI sebagai bank Negara tertua
di Indonesia, tentu sudah sangat banyak pengabdian dan pencapaian yang
telah diraih. Atas perjuangan dan pelayanan BNI yang luar biasa bagi
masyarakat dan bangsa berbagai penghargaan diperoleh BNI diantaranya:
Beberapa penghargaan yang didapat BNI 46, pada tahun 2013-2014 |
Untuk tahun 2015 BNI dengan dua perusahaannya, yaitu
BNI Life dan BNI Securites (layanan keuangan Terpadu BNI) menerima penghargaan
dari Alpha Southeast Asia Magazine untuk layanan Trade Finance,
Remittance, Cash Management, Kredit Sindikasi Terbaik di Asia Tenggara, serta Merger & Akui sisi terbaik dengan partner internasional. Selain itu
pencapaian terbaik BNI lainnya yakni pada tahun 2012 masuk dalam daftar The
Global 2000 versi FORBES 2012.
Tidak hanya itu, BNI juga senantiasa melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga dan mitra bisinis, baik dalam maupun luar negeri, yang dapat membantu meningkatkan kinerja dan kualitas BNI ke depan, kerjasama yang terjalin antara lain :
Tidak hanya itu, BNI juga senantiasa melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga dan mitra bisinis, baik dalam maupun luar negeri, yang dapat membantu meningkatkan kinerja dan kualitas BNI ke depan, kerjasama yang terjalin antara lain :
Berbagai kesepakatan kerjasama komersil dan Sosial yang dilakukan oleh BNI 46 sebagai upaya peningkatan kualitas dan wujud kepedulian sosial |
Itulah beberapa prestasi dan penghargaan yang diperoleh BNI 46, serta kerjasama diplomasi, Sosial, lembaga, lingkungan, dan bisnis yang dapat meningkatkan kinerja dan kualitas BNI kedepan. Achievement dan kerjasama di atas menjadi bukti konkrit akan kualitas, dan kapabilitas BNI selama #69TahunBNI mengabdi, berdedikasi, dan melayani masyarakat dengan berbagai produk dan pelayanan yang sangat merakyat, serta program sosial yang sangat bermanfaat, Semoga kedepan BNI bisa terus berkarya dan berinovasi agar Menjadi bank yang unggul, terkemuka dan terdepan dalam layanan dan kinerja, serta mampu memajukan perekonomian Indonesia. Amiieen...
Selamat
ulang tahun PT. Bank Negara Indonesia Tbk (BNI46) ke 69 : teruslah
"Berbagi & Berprestasi untuk Negeri"
(@Diolah dari berbagai Sumber & Pengalaman Penulis)
Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba Ngeblog "tentang Prestasi & Pengabdian BNI untuk Negeri" guna memeriahkan #69TahunBNI pada 5 juli 2015. untuk informasi lomba bisa dilihat DISINI